Seperti kebanyakan ide revolusioner, Internet dimulai dengan beberapa orang yang berani memimpikan hal yang mustahil. Tahun 1962 dan Leonard Kleinrock di MIT baru saja menerbitkan makalah pertama tentang teori packet switching, yang merupakan teknologi yang memungkinkan informasi untuk ditransfer sebagai ke banyak orang. Pada saat yang sama, seorang pria bernama J.C.R. Licklider dari MIT menulis serangkaian memo yang menggambarkan “Galactic Network,” yang akan memungkinkan orang untuk mengakses informasi dari mana saja. Selaind dari itu, kami sarankan anda mencoba jasa internet satelit terpercaya jika anda butuh layanan internet berkualitas tinggi di kawasan terperncil periksa itu.

Kisah itu tidak berakhir di sana, ketika itu terjadi, Licklider adalah kepala pertama dari program penelitian komputer di DARPA atau dengan kata lain kantor penelitian dan pengembangan untuk Departemen Pertahanan A.S., dan meyakinkan para penggantinya bahwa meneliti proses-proses jaringan adalah pekerjaan yang penting.

Pada tahun 1965, peneliti MIT Lawrence G. Roberts, bersama dengan Thomas Merrill, menghubungkan komputer TX-2 di Massachusetts ke Q-32 di California dengan saluran telepon kecepatan rendah. Proyek ini, disponsori oleh ARPA, dimaksudkan untuk mempelajari “jaringan kerja sama komputer waktu”. Itu adalah pertama kalinya jaringan komputer jarak jauh dibuat, dan itu membantu menunjukkan kepada para peneliti bahwa itu bisa bekerja — meskipun itu juga menunjukkan kepada mereka betapa tidak memadainya saluran telepon untuk transmisi informasi pada masa itu. Pada tahun 1966, menggunakan pengetahuan yang diperolehnya dari percobaan sebelumnya, Roberts menyusun rencana untuk menciptakan “ARPANET”, yang pada akhirnya akan menjadi “Internet” modern.

Perkembangan awal

Perkembangan ARPANET bukan tanpa gangguan besar. Charley Kline di UCLA mengirim paket pertama menggunakan jaringan ketika ia mencoba untuk terhubung ke Stanford Research Institute pada 29 Oktober 1969. Kata pertama yang ia coba adalah LOGIN, tetapi sistemnya crash ketika ia mencapai huruf G.

Pada tahun 1972 Ray Tomlinson membuat email untuk ARPANET dan mulai menggunakan simbol “@” untuk alamat email.

Pada tahun 1973, sebuah protokol yang disebut FTP (File Transfer Protocol) dibuat untuk memungkinkan file ditransfer ke host sebagai situs. Itu adalah protokol yang digunakan hari ini untuk mengunggah file ke server dan situs web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *